Persiapan Sebelum Berkendara

Apa sajakah yang harus diperhatikan sebelum berkendara di jalanan

Berikut ini sedikit tips yang biasa saya lakukan sebelum berkendara menggunakan sepeda kayuh, sepeda motor atau mengemudikan mobil entah itu jarak dekat atau jarak jauh sekalipun yang biasa saya lakukan dari denpasar ke jawa kuhusnya kota Surabaya dan Jakarta.

Perhatian ini dilakukan agar meminimalisasi apa yang tidak kita harapkan di dalam melakukan perjalanan, karena jalan adalah salah satu fasilitas umum yang digunakan secara bersama-sama.


Melihat Diri Sendiri

Sebelum melihatt orang lain kita harus melihat diri sendiri, apakah saat ini kita mampu melakukan suatu perjalanan, kondisi fisik kita dalam keadaan sehat untuk melakukan perjalanan atau menggunakan kendaraan dalam berkendara di jalan atau mungkin saat ini kita sedang tidak sehat.
Selain itu kemampuan kita sendiri, apakah kita sudah paham akan rambu-rambu lalulintas yang sudah mengatur kita selama menggunakan jalan ? ataukah saya belum paham dengan lalulintas.
Pemahaman rambu-rambu lalulintas sangat mempengaruhi sesorang dalam berkendara di jalan, sangat jelas terlihat di jalan mana orang yang tau aturan lalulintas dan mana yang tidak tau aturan lalulintas.

Selain itu apakah anda punya hak untuk berkendara di jalan ? hak di sini sudah merupakan kewajiban bagi seorang pengendara kendaraan bermotor sepert sepeda motor atau mobil yaitu harus memiliki identitas pengendara yang disebut dengan SIM (surat izin mengemudi).

Melihat Kendaraan Yang akan Digunakan

Setelah melihat diri sendiri, kita juga harus memperhatikan kendaraan yang akan kita gunakan dalam berkendara di jalan, seperti kelengkapan sepeda, sepeda motor atau mobil.

Bila menggunakan sepeda kayuh apakah sepeda itu layak di gunakan di jalan, mampukah sepeda itu dikendalikan jika berada di jalan menurun atau di jalan yang menanjak. Sepeda kayuh misalnya jika tidak memiliki rem yang bagus maka akan kewalahan apabila menghadapi jalan menurun karena akan susah dikendalikan.

Pehatikan segala kelengkapan kendaraan bermotor anda seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan anda, kelengkapan fisik kendaraan seperti rem, kaca spion, lampu sen/reting, kondisi ban serta kondisi fisik lainnya.

Setelah mempersiapkan diri dan kendaraan yang akan digunakan untuk melintas di jalan tidak kalah pentingnnya adalah :

Melakukan Rencana Perjalanan

Rencana perjalanan ini dilakukan sebelum memulai berkendara mulai dari jalur yang harus di lalui, kira-kira jalur yang akan dilalui aman atau tidak, aman dalam artian aman dari halangan di jalan seperti kerusakan jalan dan jembatan, tersedianya bahan bakar untuk kendaraan selama perjalanan dan masih banyak lagi rencana yang harus diatur dalam rangka mendukung kelancaran kita sampai ke tujuan.

Demikian sedikit tips perjalanan dari saya semoga bermanfaat bagi semua pembaca

1 comment:

  1. jangan lupa pakai selalu jaket motornya bro biar perjalanan tetap aman nyaman

    ReplyDelete