Tips Aman Balik Mudik

Tips Aman Balik Mudik - Setelah melakukan perjalanan mudik lebaran 2013 beberapa hari lalu, rasanya tidak lengkap kalau tidak menulisnya di blog Laulintas ini, agar dengan tips ini, bisa membantu para pemudik yang melakukan perjalanan kembali dari mudik di kampung halamannya bisa kembali dengan selamat hingga tujuan masing-masing.


Mengingat perjalanan mudik sebelumnya sudah cukup melelahkan, apalagi bagi pemudik yang melakukan perjalanan cukup jauh, seperti saya yang melakukan perjalanan mudik dari Bali hingga Blitar dan Kediri Jawa Timur mengendari sepeda motor. Agar perjalanan balik mudik anda aman, silahkan baca tips berikut ini, semoga bisa membantu anda para pemudik agar tidak kelelahan di jalan.

Tips Aman Balik Mudik
  1. Persiapkan kendaraan yang akan anda bawa pulang kembali dalam balik mudik yang akan anda lakukan. Persiapkan fisik kendaraan anda agar tidak terjadi masalah selama perjalanan. Bila perlu siapkan ban dalam cadangan di jok sepeda motor atau mobil. Gunakan pompa angin kecil yang banyak dijual di pasaran, khususnya bagi pengguna sepeda motor karena pompa jenis ini dapat disimpan di dalam jok motor. Cek rem, lampu sen dan kelengkapan lainnya.
  2. Selain persiapan fisik kendaraan, persiapkan pula fisik pengemudi yang sudah tentu lelah. Lelah karena perjalanan mudik sebelumnya dan juga lelah karena banyak kegiatan silaturahmi saat lebaran. Persiapkan mental dalam perjalan dan lakukan perjalanan dengan rileks dan santai. Cari rentang waktu tempuh perjalanan balik mudik lebih lama, dibandingkan dengan waktu tempu saat mudik sebelumnya. Bilah waktu tempuh saat mudik selama 10 jam perjalanan, coba perkirakan waktu balik mudik sampai dengan 12 atau 14 jam perjalanan sehingga perjalanan itu akan dilakukan dengan tidak tergesa-gesa.
  3. Selama perjalanan balik mudik, berhentilah ketika merasa sedikit lelah, mampirlah di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU)/pom bensin untuk beristirahat. Basuhlah wajah, kaki dan tangan agar kondisi fisik pengemudi segar kembali. Kebanyakan SPBU di pinggir jalan telah menyediakan kamar mandi/toilet serta mushola dan tempat beristirahat bagi pengguna jalan. Jadi jangan ragu untuk mampir di SPBU untuk melepas lelah. Tenang aja tidak dipungut biaya selama beristirahat di SPBU, kecuali menggunakan fasilitas kamar mandi/WC.
  4. Nikmati perjalanan balik mudik dengan mengabadikan setiap tempat-tempat indah yang dilalui dengan camera digital, camera ponsel atau camera gadget bawaan anda. Dengan mengabadikan momen penting perjalanan balik mudik, secara tidak langsung anda sudah mengistirahatkan fisik dan mental anda.
  5. Bilah terasa mulai lelah atau mengantuk, sebaiknya jangan dipaksakan. Berhentilah sesaat, dan baringkan badan di atas rumput atau tempat istirahat yang telah disediakan di area SPBU maupun di atas rumput di pingir jalan. Tutuplah mata anda beberapa saat, bila perlu hingga terlelap beberapa menit, barulah kemudian melanjutkan perjalanan balik mudik.
Itulah 5 tips aman balik mudik dari blog Lalulintasku bagi semua pemudik yang hendak melakukan perjalanan balik mudik. Semoga tips singkat ini bisa membantu mengurangi kelelahan perjalanan anda. Selamat jalan semoga tiba di tempat tujuan anda semua dengan selamat.

No comments:

Post a Comment