Pengguna HP Sambil Berkendara Semakin Ramai

Pengguna HP Sambil Berkendara Semakin Ramai saja, meski sudah ada aturan yang melarang penggunaan handphone selama mengemudi, mengendarai kendaraan. Setiap hari terlihat dijalanan semakin sibuk saja seorang pengendara baik sepeda motor maupun mobil, semuanya ramai-ramai menggunakan HP tanpa pedulikan pengguna jalan lain. Saya bahkan sangat terganggu dengan kondisi lalulintas yang semakin semrawut, karena gara-gara sambil menggunakan HP jalanan jadi macet, resiko tabrakan semakin besar karena banyak yang tiba-tiba membelokan arah kendaraannya karena kaget.


Sampai kapan keadaan seperti ini terus berlanjut ? apakah tunggu hingga korban bergelimpangan di jalanan dulu baru diambil tindakan ataukah ini sudah merupakan tren dan gaya hidup di jalanan masa kini sehingga dibiarkan saja. Apa artinya peraturan yang dibuat untuk keselamatan pengguna jalan, bila tidak ditegakkan dan diindahkan. Kemana aparat kepolisian khususnya polisi lalulintas apakah tetap membiarkan oknum-oknum ini seenaknya menggunakan jalan. Polisi setiap hari berseliweran di jalanan tapi lihatkah polisi kalau dibalik kaca mobil si pengemudi sedang asyik sms? sedang asyik BBM-an?

Saya sebagai pengguna jalan yang sering merasa terganggu dan sangat mengharapkan kesadaran setiap pengguna jalan agar memahami bahwa jalan itu hanya untuk digunakan sebagai lalulintas, bukan tempat ngobrol, bukan tempat santai, bukan tempat ngerumpi dan bukan tempat menelpon atau sms, bbm, wa, line dan lain-lain. Kalau mau ngobrol dengan teman atau siapapun juga baik melalui telpon ataupun melalui chatting dan juga ngobrol sesama pengendara, berhentilah terlebih dahulu ke pinggir jalan, jangan ngobrol dijalanan sambil jalan berjejer sehingga menutup akses jalan bagi pengendara lain dibelakangnya, atau dengan telpon dan sms sangat mengganggu pengguna jalan lainnya.

Jalanan macet di Indonesia kebanyakan disebabkan oleh kelalaian pengguna jalan itu sendiri. Sebagai seorang pengemudi tidak hanya dituntut untuk hati-hati namun dituntut agar bisa mengemudi dengan tepat, tepat berarti bisa cepat bisa juga pelan. Kalau saja ruas jalan didepan kendaraan anda sepih, maka berjalanlah lebih cepat untuk menutup ruang kosong di depan anda dan pengendara lain  dari belakang anda tidak macet, dan bila kendaraan di depan anda padat merayap maka jalanlah lebih pelan.

No comments:

Post a Comment